Kamis, 02 Mei 2013

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia


Perangkat Lunak Aplikasi Multimedi



Multimedia sangat lah menjadi factor sebagai perkembangan teknologi dan beberapa aplikasi lunak, dimana dari pengelolah teks hingga desain dan game, multimedia sangat membantu, dalam pembuatan software tersebut, banyak software multimedia yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang sebagai lembar kerja untuk mengerjakan suatu pekerjaan,coba bayangkan, jika multimedia tidak ada, pasti aplikasi yang sering kita gunakan juga tidak ada, berikut Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
A. Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi yang banyak digunakan untuk pengolah teks misalnya : Microsoft word, word star for windows, word perfect dan start writer. Sedangkan aplikasi pengolah teks yang bersifat open sources seperti open office writer, KWiter dan Abi Word.
 B. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi :
- Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll
- Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll.
- Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.


C. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks, blender, maya, Softimage, Lighware dll.
D. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh aplikasi berbasis web, misalnya : macromedia dream weaver, Microsoft front page, Joomla, Apache, macromedia flash, adobe photoshop dll.

F. Aplikasi Pengolah VideoContoh aplikasi ini, misalnya : windows movie maker, Pinaccle, Adobe Premiere, Ulead Video Studio dllAplikasi Pengolah audio, misalnya : Sound recorder, mod 

G. Aplikasi dalam bidang Pengembangan Sumber Daya ManusiaMultimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Trainning (CBT). Misalnya perusahaan installshield membuat perangkat lunak multimedia yang dikhususkan untuk training. Contoh lainnya adalah perusahaan L’OREAL membuat program recruitment tenaga kerja.plug tracker, audacity dll.

Gamabr 7
H.Aplikasi dalam Bidang ProduksiPenggunakan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merekayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju manufaktur teritegrasi berbasis multimedia.

I. Aplikasi Multimedia dalam bidang PemerintahanAplikasi yang paling menonjol do bidang pemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi tentang kota
J.Aplikasi dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain belajar on-line, Jardiknas dll

K. Aplikasi dalam Bidang TravelAplikasi berbasi web banyak digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk layanan informasi biaya perjalanan, pemesanan on-line untuk lodging transportasi baik laut, darat maupun udara.
L. Aplikasi dalam Bidang HiburanDalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam pembuatan film, musik, radio interaktif, televise interaktif, game elektronik . dll.
Sekian dari postingan kali ini, multimedia merupakan ilmu yang mendukung perkembangan teknolgi, dimana ada teknologi, disitu lah ada nya multimedia, saling mengikat satu sama lain







Tidak ada komentar:

Posting Komentar